Bagi seorang gamer tentu kamu tahu bahwa sebelum ada Playstation ada konsol game yang bernama Nintendo yang legendaris. Saya sendiri adalah salah satu pengguna konsol game Nintendo tersebut. Bahkan Nintendo ini adalah konsol game yang pertama kali saya miliki. Namun memang seiring dengan perkembangan teknologi game yang menghadirkan Playstation, menjadikan Nintendo perlahan-lahan ditinggalkan hingga pada akhirnya benar-benar terlupakan. Namun baru-baru ini Nintendo rupanya ingin membangunkan memori masa kecil saya dengan menghadirkan konsol game terbarunya yaitu Nintendo Switch. Lalu seperti apakah konsol game terbaru bernama Nintendo Switch ini? Berikut ulasannya.

Membawa Pengalaman Bermain Game yang Berbeda dengan Konsep Hybird Portabel Platform

Dengan membawa sebuah perubahan dan teknologi terbaru, tentu saja Nintendo Switch berbeda dengan Nintendo yang dulu kita mainkan. Dari video trailer yang saya lihat Nintendo Switch ini bahkan sangat berbeda jauh dengan Nintendo lama karena lebih mutakhir dan sepertinya akan membawa pengalaman bermain game yang berbeda dari biasanya. Konsol game yang satu ini memang unik sebab mengusung konsep portabel hybrid platform. Dengan Nintendo Switch maka kita bisa memainkannya dimana saja dan dengan siapa saja.

Nama Switch sendiri pada akhirnya memang bisa mewakili apa yang dihadirkan teknologi Nintendo Switch dimana penggunanya bisa memainkannya di Televisi dengan docking atau juga secara sistem portable gaming. Jadi Nintendo Switch ini bisa kamu mainkan di dalam rumah laykanya Playstation atau juga di luar rumah seperti game di handphone atau tablet.

Keunikan Nintendo Switch

Bukan hanya tentang konsep hybird portabel platform, sebab ketika melihat video trailer Nintendo Switch itu saya juga menemukan beberapa keunikan yang ada pada konsol game itu. Beberapa keunikan yang ada pada Nintendo Switch yang tidak saya jumpai pada konsol game lainnya tersebut antara lain :

6-ardi-kemara-pradipta-nintendo-switch

  1. Desain Modular

Keunikan pertama Nintendo Switch adalah dari desainnya yang berkonsep modular. Dengan konsep modular ini maka konsol game ini bisa dibongkar pasang untuk disandingkan dengan perangkat lain atau juga dimainkan dengan model langsung. Dengan konsep modular ini setidaknya Nintendo Switch bisa dimainkan dengan empat cara yaitu dengan media TV seperti konsol biasa, atau dengan kontroler tradisional, atau sebagai konsol game genggam atau juga dengan salah satu kontroler saja.

4-ardi-kemara-pradipta-nintendo-switch

  1. Docking Nintendo Switch

Berikutnya, keunikan pada perangkat konsol game yang satu ini terletak pada adanya docking yang mampu menghubungkannya ke televisi. Konsol utama dari Nintendo Switch ini memang merupakan sebuah perangkat layar kecil LCD yang tentunya dengan kontroler yang bisa dibongkar pasang (docking). Menariknya, selain sebagai penghubung ke TV, dock Nintendo Switch ini juga memiliki fungsi sebagai pengisi daya (charging).

1-ardi-kemara-pradipta-nintendo-switch

  1. Kontroler unik Joy-Con

Kontroler pada Nintendo Switch ini memang unik. Sebab kontroler yang terdapat pada kedua sisi pada posisi penggunaan game layaknya tablet bisa dilepas dan dimainkan secara multiplayer. Tapi bila pengguna ingin bermain sendiri, kontroler bisa digabungkan lagi ke docking dan mengambil satu kotroler pada salah satu sisi docking. Selain itu Anda juga bisa memainkannya dengan kontroler game biasa dengan tuas analog dan juga empat tombol aksi seperti pada umumnya.

3-ardi-kemara-pradipta-nintendo-switch

  1. Integrasi Antar Perangkat

Keunikan selanjutnya dari Nintendo Switch adalah adanya kemampuannya untuk integrasi antar perangkat. Selain dimainkan secara biasa dengan docking, Nintendo Switch ini memang bisa diintegrasikan ke beberapa perangkat seperti ke TV untuk permainan layaknya Playstation. Atau kita juga bisa mainkan dengan dengan konsol Nintendo Switch yang lain untuk bisa bermain bersama-sama (multiplayer).

5-ardi-kemara-pradipta-nintendo-switch

  1. Menggunakan Game Card

Terakhir, keunikan dari Nintendo Switch adalah adanya game card yang bisa diganti-ganti untuk bermain game. Game card pada Nintendo Switch sendiri berbeda dengan Nintedo model dulu yang besar. Namun game card pada Nintendo Switch ini bisa dengan mudah dibawa keman-mana karena bentuknya yang kecil seukuran memory card. Selain mudah dibawa game card Nintendo Game ini juga akan tahan dari kerusakan dan juga tidak mudah dibajak.

Itulah beberapa informasi berkaitan dengan Nintendo Switch yang direncanakan akan diluncurkan pada bulan Maret tahun mendatang. Saat melihat video trailer dan penjelasan dari Nintendo Switch ini jujur saya sendiri sangat tertarik ingin mencobanya. Jika saya tertarik bagimana dengan kamu?