3-ardi-kemara-digital-marketing-twitter-card

Media sosial Twitter tentu bukanlah hal yang asing buat kamu. Media sosial yang diciptakan oleh Jack Dorsey ini memang sangat populer dikalangan netizen, termasuk kamu yang bisa jadi salah satu penggunanya.

Dengan ciri khasnya berupa 140 karakter dan juga penggunaan hashtag, membuat media sosial ini tak bisa terlupakan meski saat ini banyak bermunculan social media yang baru. Untuk kamu yang juga seorang pebisnis, dengan Twitter, kamu  juga akan mendapatkan beberapa keuntungan.

Tentu saja hal ini berkaitan dengan usaha marketing yang kamu jalankan guna meningkatkan penjualan dan omset usaha. Teknik ini sendiri bukan sekedar melakukan postingan tweet promosi, tapi teknik ini secara khusus akan membuat website toko online kamu jadi lebih maksimal dan memiliki daya jual yang lebih baik.

Twitter Card Jadikan Promosi Lebih Atraktif

Lalu bagaiman caranya? Caranya adalah dengan menggunakan Twitter Card. Twitter Card? Apa itu? Twitter Card adalah fitur dari twitter yang akan membuat tampilan tweet dari website kita terlihat jauh lebih menarik, lebih mencolok dan lebih baik. Dengan Twitter Card, kamu memang bisa menampilkan beberapa hal selain text seperti summary (ringkasan), video dan juga foto.

Tentu saja fitur ini sangat berbeda dengan cara postingan biasa yang hanya bisa menampilkan tampilan sederhana. Dengan tampilan tweet promosi dari Twitter Card yang lebih atraktif ini tentu usaha pemasaran bisnismu akan jauh lebih efektif dan juga mencapai tingkat korversi penjualan yang lebih baik.

Twitter Cards Untuk Website-mu

2-ardi-kemara-digital-marketing-twitter-card

Teknik awal dari penggunaan Twitter Card adalah untuk sebuah website bisnis. Tentu saja kamu sebagai pebisnis sudah punya webiste kan. Nah website bisnis kamu ini akan menjadi media penjualan yang makin menjanjikan bila kamu menerapkan Twitter Card.

Dengan Twitter Card ini akan membuat kicauan yang berasal dari website akan terlihat lebih menonjol di beranda (newsfeed). Entah apapun tekniknya, baik itu summary, video atau foto, yang pasti tweet atau kicauan dari website-mu akan tampil lebih menarik perhatian. Selain itu dengan Twitter Card, kamu juga bisa mendapatkan analisis yang mendalam dan berharga tentang pencapaian Twitter Card dari website

Summary Card

4-ardi-kemara-digital-marketing-twitter-card

Untuk mengoptimalkan website bisnis dengan Twitter Card kamu bisa melakukannya dengan menggunakan sebuah teknik ringkasan kartu (summary). Dalam hal ini ada dua jenis kartu ringkasan yang bisa bekerja dengan baik untuk artikel, posting blog, dan halaman informasi lain di website-mu. Untuk menggunakan ringkasan kartu yang pertama, kamu tinggal menarik thumbnail, judul, dan deskripsi dari halaman website. Cara lain adalah dengan gambar yang besar yang membuat judul dan deskripsi halaman website dengan menarik

App Card

1-ardi-kemara-digital-marketing-twitter-card

Berikutnya, penggunaan Twitter card untuk mengoptimalkan website bisnis adalah dengan kartu aplikasi. Dengan kartu aplikasi maka aplikasi bisnis kamu akan terlihat menonjol, terutama ketika ada seseorang yang melakukan tweet link ke halaman tertentu di website-mu. Dengan hal ini kamu juga akan membuat pengguna aplikasi mampu melihat tweet atau kicauan yang telah kamu buat. Fungsi ini juga sudah tersedia untuk platform  Android atau iOS. Jadi saat pengguna Android dan iOS melihat kicauan yang kamu posting maka aplikasi bisnis kamu akan semakin berpeluang untuk di unduh dan diinstall.

Play Card

6-ardi-kemara-digital-marketing-twitter-card

Bagi kamu yang suka dengan konten video, maka optimasi website bisnis dengan Twitter Card bisa dilakukan dengan player card atau kartu pemain. Dengan teknik ini maka kamu bisa memutar video dari situs web secara langsung di Twitter.

Cara ini sama seperti ketika kamu akan berbagi video dari YouTube di tweet. Untuk menggunakan teknik ini kamu hanya cukup memakai coding yang tepat di situs web untuk memasangnya. Tapi sebelum benar-benar tampil, nantinya video-mu akan di moderasi dulu oleh pihak Twitter. Twitter memang memiliki beberapa aturan dan kebijakan yang harus kamu ikuti untuk bisa mendapatkan persetujuan untuk memanfaatkan kartu tersebut.