Sebagai perusahaan yang besar, sepertinya wajar bila kemudian Google mengeluarkan berbagai macam produk sebagai salah satu bagian dari bisnisnya. Dengan dukungan teknologi dan berbagai partnership yang dimiliki sepertinya tidak ada yang sulit untuk sebuah perusahaan sekelas Google menciptakan produk untuk kemudian dipasarkan.

Hal ini terbukti ketika kemarin hari pada Rabu, 5 Oktober 2016 WIB dalam acara di San Francisco, Amerika Serikat, Google meluncurkan dua smartphone teranyarnya. Dua smartphone dari Google ini sendiri  diyakini akan semakin meramaikan pasar gadget di dunia dan tanah air. Dengan membawa nama atau brand Google, ponsel pintar yang diberi nama Pixel dan Pixel XL ini tentu akan mendapatkan perhatian sendiri dari konsumen. Lalu seperti apakah smartphone yang dihadirkan oleh Google ini? Berikut ulasannya.

Tampilan

Dari segi tampilan, kedua smartphone yang pembuatannya berkolaborasi dengan HTC ini memiliki tampilan desain yang sama. Kesamaan lain adalah pada bodi aluminium dan kaca serta pilihan warna yang ada yaitu hblack, blue dan silver. Perbedaan antara Pixel dan Pixel XL dari segi tampilan sendiri hanya akan kita dapati pada dimensi layar serta resolusinya. Google Pixel sendiri menghadirkan layar AMOLED 5 inci Full HD, sedangkan Google Pixel XL memiliki layar AMOLED 5,7 inci Quad HD.

Hardware

Menuju ke bagian dalam ponsel yaitu bagian hardware, Google menghadirkan perangkat keras yang mumpuni untuk Pixel dan Pixel XL. Untuk bagian ini Google menghadirkan prosesor tertinggi dari Qualcomm yaitu Snapdragon 821 dengan dukungan RAM 4 GB serta pilihan memori internal antara 32 GB dan 128 GB untuk kedua smartphone.

Software

Google yang dikenal sebagai pembuat Operating System (OS) Android tentu akan sangat konsen dengan bagian software ini. Nah karena Pixel dan Pixel XL ini merupakan produk yang baru, maka software yang dihadirkan Google adalah OS terbaru mereka yaitu Android 7.0 Nougat. Tidak hanya itu Google juga meyakinkan dan menjanjikan pada konsumen bahwa Pixel dan Pixel Xl akan mendapat prioritas pembaruan software nantinya.

Fitur

Beralih ke spesifiksi lainnya, Google Pixel dan Pixel Xl juga menghadirkan fitur-fitur menarik dan termutakhir. Kita mulai dari kamera yang dimiliki. Dari fitur potret ini Google Pixel menawarkan kamera 12 MP dengan sensor Sony IMX378 dan aperture F/2.0. Perlu diketahui bahwa kamera ini dianggap sebagai kamera yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Hal ini dikarenakan kamera ini telah dimodifikasi dengan menambahkan fitur HDR+. Selain fitur kamera, pada bagian belakang ponsel, Google juga menghadirkan fitur keamanan berwujud sensor sidik jari. Fitur termutakhir yang juga jadi andalan Google Pixel dan Google Pixel Xl adalah fitur fast charging. Dengan fitur ini maka pengguna tak perlu berlama-lama dalam proses charging atau pengisian daya baterai ponsel. Sebab hanya dengan waktu pengisian lima menit, maka ponsel sudah bisa Anda gunakan selama waktu tujuh jam. Terakhir, untuk mempermudah penggunaan, Google Pixel dan Google Pixel XL dilengkapi dengan fitur Google Assistant yang mirip seperti fitur Google Now.

Harga

Meski belum hadir di pasaran Indonesia, namun harga untuk kedua smartphone terbaru dari Google ini sudah bisa ketahui. Dari beberapa sumber yang ada bisa kita simpulkan terlebih dahulu bahwa Pixel dan Pixel XL memiliki harga yang terbilang mahal, bahkan semahal iPhone 7 yang juga baru diluncurkan Apple. Untuk harga Google Pixel dengan internal memori 32 GB dibanderol dengan harga 649 dollar AS atau sekitar Rp 8,5 juta. Sedangkan untuk Google Pixel dengan memori internal 128 GB harganya mencapai 749 dollar AS atau sekitar Rp 9,8 juta.

Sementara itu Google Pixel XL yang memiliki dimensi layar yang lebih besar dibanderol dengan harga 769 dollar AS atau sekitar Rp 10 juta untuk versi 32 GB. Sedangkan Google Pixel XL dengan internal memori 128 GB dibanderol dengan harga 869 dollar AS atau sekitar Rp 11,3 juta.