Perkembangan teknologi yang makin cepat pada akhirnya kemudian menciptakan produk-produk terbaru yang makin canggih. Hal ini terlihat pada munculnya produk smartwatch yang hadir seiring dengan pertumbuhan ponsel pintar (smartphone).

Smartwatch atau jam pintar sebagai sebuah produk teknologi memang kini makin diminati dan digemari publik. Dari sini maka para produsen pun berlomba-lomba untuk terus mengembangkan smartwatch untuk dihadirkan di tengah-tengah masyarakat. Dan salah satu produsen yang juga mengembangkan smartwatch ini adalah Motorola. Motorola sendiri yang sempat vakum dan merger dengan Lenovo, pada bulan Maret tahun 2016 kembali hadir di pasaran Indonesia dengan mengeluarkan smartwatch Moto 360 2nd Generation.

Lalu seperti apakah jam pintar dari Motorola terbaru generasi kedua ini? Berikut ulasannya.

Desain

Dari segi desainnya kita akan melihat bahwa Moto 360 2nd generation ini dengan bentuk dan antar muka yang bundar yang mirip dengan generasi pendahulunya. Bedanya pada Moto 360 2nd Gen tombol fisik diletakkan sedikit condong ke arah atas. Dengan perpaduan desain bundar yang khas dan tombol fisik yang minimalis ini menjadikan Moto 360 2nd Generation makin menarik dan memikat hati.

Pada penghubung tali jam (strap), Moto 360 2nd generation terlihat menonjol ke luar dengan tujuan supaya bisa dilepas-pasang dengan mudah. Untuk ukurannya kita disuguhkan 2 alternatif yaitu ukuran 46 mm yang sama dengan generasi pertama dan juga ukuran 42 mm yang mengakomodir permintaan konsumen untuk ukuran yang lebih kecil.

Pada varian Moto 360 2nd Gen ukuran 46 mm ada layar yang beresolusi 360 x 360 piksel dengan kerapatan 233 ppi. Dengan resolusi yang lebih tajam dari generasi pertama maka Anda bisa melihat tampilan yang makin baik untuk membaca teks atau melihat gambar.

Tidak hanya resolusi yang makin tajam namun smartwatch ini juga telah disisipi lapisan kaca anti gores Gorilla Glass 3. Selain kedua pilihan tadi, ternyata Motorola juga juga menawarkan Moto 360 2nd Generation edisi khusus wanita dengan ukuran 42 mm dan strap dengan ukuran lebih kecil, yakni 16 mm.

Moto 360 2nd Generation

Spesifikasi dan Fitur

Menuju ke spesifikasinya maka kita akan melihat hardware Moto 360 2nd Generation ini dengan beberapa komponen seperti prosesor Snapdragon 400, RAM 512 MB, internal memori 4 GB serta baterai 300 mAh (untuk versi 42mm) dan 400 mAh (versi 46 mm). Dengan baterai yang ada ini maka Moto 360 2nd Generation ini diyakini bisa bertahan selama 1,5 hari.

Untuk mengisi ulang (melakukan charger) daya baterai, wearable ini membutuhkan waktu yang terbilang cukup cepat yakni sekitar 1 jam saja. Pada unit charger-nya sendiri terbilang modern dengan desain dan juga fitur wireless charging. Untuk sistem operasinya sendiri perangkat ini disisipkan Android Wear besutan Google.

Tidak hanya itu, Moto 360 2nd Gen juga semakin komplit dengan adanya fitur kesehatan berupa sensor denyut nadi (heart rate sensor) yang berada di sisi belakang tubuhnya. Selain heart rate sensor, ada juga sensor gyro dan juga accelerometer yang bisa dimanfaatkan pada perangkat jam pintar ini. Terakhir, spesifikasi dan fitur yang ada pada Moto 360 2nd Gen adalah adanya fitur teknologi anti air jam yang membuat smartwatch tetap awet dan tidak rusak meski terkena air atau menyelam pada kedalaman tertentu.

1-ardi-kemara-moto-360-2nd-generation

Harga

Menilik harganya, smartwatch ini terbilang lebih mahal sedikit bila dibandingkan dengan perangkat jam pintar lain seperti Samsung Gear S2 yang dibanderol mulai Rp 4,5 juta. Tapi bila dibandingkan dengan Apple Watch yang berharga Rp 6 juta ke atas maka harga Moto 360 2nd Gen ini lebih murah.

Harga smartwatch Moto 360 2nd Generation sendiri adalah mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 5,8 juta. Di Indonesia sendiri Moto 360 2nd Gen dipasarkan dalam empat pilihan varian yaitu Sport Black Edition (45mm), Black Leather (42mm), Rose Gold (42mm), dan Cognac Leather (46mm).